5:57 PM
0
batu harimau di Watopute
Batu mirip harimau dikenal oleh masyarakat setempat sebagai "Batu harimau". Model Harimau yang sedang istrahat. Batu ini terletak di puncak sebuah bukit dalam kawasan hutan rakyat Watopute, Kab. Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Entah bagaimana ceritanya, sampai terbentuk batu model harimau ini, tetapi menurut jurukuci sekaligus sebagai penunjuk jalan, bahwa pada saat pertama kali ditemukan, memang sudah berbentuk batu. Lengkap dengan lidahnya menjulur. Sekarang lidah harimau juga bentuk batu ini, telah tiada dikarenakan ada seseorang yang agak-agak sinting memukul lidah harimau dimaksud, sampai akhirnya copot. Akhirnya Batu harimau ini tidak lagi berlidah.

Setelah ditelusuri sejarahnya, ternyata memang batu ini memang ditempatkan di puncak bukit Watopute ini oleh seseorang pengembara dari benua lain pada abad ke-8 Masehi. Pada saat itu batu ini berupa "patung harimau", yang sengaja dibawa di bukit watopute sebagai pertanda bahwa di Watopute pada zaman dahulu kala pernah kedatangan pengembara yang sempat hidup dan menetap di Watopute beberapa tahun lamanya.

0 komentar:

Post a Comment

Terbitan Yayasan Mustika Pertiwi Wite Barakati